Waiting for You Ramadhan 


Kini rinduku menyesakkan kalbu

Mengharap kehadiran yang ku rindu

Seakan hati dirindung pilu

Namun kebahagiaan itu bukanlah semu
Ramadhan…

Marhaban Ya Syahru Mubarak

Aku menunggumu, i’m waiting for you 

Selamat datang bulan mulia, bulan penuh berkah
Betapa Allah memuliakan bulan Ramadhan karena keutamaan-keutamaannya yang tiada taranya. Diantaranya adalah: 

Puasa Ramadhan

 Allah ta’ala berkalam: 

llah ta’ala berkalam: 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ  ( 183)

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, telah diwajibkan puasa atas kalian sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian supaya kalian bertaqwa

QS. Al-Baqarah:183
Allah ta’ala berkalam sesudahnya:

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيَ أُنزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِّنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ  (185) فَلْيَصُمْهُ

Artinya:

Bulan Ramadhan yang diturunkan Al-Qur`an padanya sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan dari petunjuk dan al-Furqan, maka barang siapa dari kalian yang menyaksikan bulan tersebut maka hendaklah dia berpuasa. (QS. Al-Baqarah:185).

Rasulullah saw bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم : مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

Dari Abu Hurairah, dia berkata: Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni baginya apa yang telah lewat dari dosanya. (HR. Bukhari, k. Bad`ul Wahyu)

Qiyam Ramadhan

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم قَالَ : مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya:

Dari Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallahu alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang menegakkan (shalat malam) pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni baginya apa yang telah lewat dari dosanya (HR. Bukhari, k. Bad`ul Wahyu)

Lailatul Qadar

عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيْمَانًا وَ احْتِسَابًا، غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ.

Artinya:

Dari Abu Hurairah, bahwasanya Nabi saw bersabda: Barang siapa yang melakukan ibadah pada malam Lailatul Qadar, karena iman dan mengharap pahala, maka diampuni dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ – قَالَ :تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدَرِ فِي الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ اْلأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ.

Artinya:

Dari ‘Aisyah berkata: Sesungguhnya Rasulullah saw bersabda: Carilah oleh kalian malam Lailatul Qadar pada malam ganjil dari sepuluh hari terakhir di bulan Ramadlan. HR. Bukhari dan Muslim

Bahkan masih banyak lagi keutamaan dan kemuliaan yang patut kita rindukan di bulan Ramadhan.

Di bulan ini pula, Allah memberi kesempatan kepada para hamba untuk kembali suci dari dosa yang telah lewat.

Bahkan dapat kita saksikan kedamaian di muka bumi ini pada bulan Ramadhan yang jarang kita temukan di bulan-bulan lainnya. Banyaknya majlis-majlis ta’lim di berbagai masjid. Banyaknya orang yang bersedekah, sekedar berbagi makanan buka bersama para yatim dan orang miskin. Masjid-masjid yang penuh tilawah Al-Qur`an siang-malam, bahkan mereka pun sama berlomba-lomba khatmil Qur`an. Sungguh kedamaian yang hanya kita dapatkan hanya di bulan Ramadhan.

Mari kita sambut bulan Ramadhan, dengan amalan dan ibadah.

Mari kita isi bulan Ramadhan, dengan ilmu dan nasehat.

Mari kita semarakkan bulan Ramadhan, dengan mendekatkan diri kepada Allah.

Waiting for You…. Ramadhan 
By: Hibran Adzkiya n’ FAII crew

Sidoarjo, Sya’ban 1438

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s