Keutamaan Surat Al-Mulk


 

Alhamdulillahi Rabbil ‘Aalamiin. Shalawat serta salam teruntuk baginda Rasulullah saw, ahli baitnya, sahabat-sahabatnnya, dan para pengikutnya yang menapaki minhajnya hingga akhir zaman, wa ba’du:

Wahai pecinta Al-Qur’an! Wahai jiwa yang tak terima ketika ayat-ayat al-Qur’an dilecehkan! Wahai pelantun kalam Allah! Wahai hati yang slalu tenang saat mendengarkan ayat-ayat Al-Qur’an!

Allah ta’ala menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad saw sebagai mukjizat, sebagai penjelas, sebagai pengobat, sebagai asas hukum syariat Islam.

Sungguh tak ada yang membandingi keindahan bahasa dan siratan maknanya. Bahkan, orang-orang kafir Quraisy, yang terkenal dengan bangsa yang berbahasa Arab dengan bagus dan indah, sekalipun tak sanggup untuk mendatangkan satu ayat untuk menandingi ayat-ayat Al-Qur’an. Subhanallah,,,

Ia mempunyai kandungan makna yang tinggi nan kefasihan bahasa yang tiada bandingannya.

Selain itu, setiap surat dalam Al-Qur’an pun mempunyai keutamaan-keutamaan. Diantaranya adalah surah Al-Mulk.

Ya,,, surah Al-Mulk adalah surah ke 67 dari Al-Qur’an. Disebutkan dalam sebuah hadits Rasulullah saw

وَ عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ : مِنَ الْقُرْآنِ سُوْرَةٌ ثَلَاثُوْنَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ وَ هِيَ تَبَارَكَ الَّذِيْ بِيَدِهِ الْمُلْكُ

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَ التِّرْمِذِيُّ وَ قَالَ حَدِيْثٌ حَسَنٌ

Artinya:

Dan dari Abi Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda: di dalam Al-Qur’an ada satu surat yang terdiri dari 30 ayat, yang mana ia dapat menolong seseorang sampai diampunkan baginya. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, dan dia berkata: hadits yang hasan.

Nah, itu dia salah satu keutamaan surah Al-Mulk. Bahwasanya jika seseorang terbiasa membaca 30 ayat dari surah Al-Mulk, maka kelak di akhirat hal tersebut akan menolong beliau sampai dia ampuni saja.

 

Subhanallah,,,. betapa dahsyatnya keutamaan dibalik surah Al-Mulk. Tentunya ikhwah semua akan lebih mudah dengan menghafalnya.

Masak iya sih mau kalah sama adek-adek hafidz cilik, yang sering nonggol di acara TV, unjuk kemampuan dalam mengasah otak dan menunjukkan bakat mereka dalam menghafal ayat-ayat Al-Qur`an.

Okey ikhwah semua. Satu surah Al-Qur`an saja sudah membuat kita tercenggang dan berdecak kagum. Belum lagi ayat-ayat Al-Qur’an laiinya.

Akan lebih afdhal lagi jika juga berusaha untuk memahami penafsiran ayatnya dan menghafalnya. Sungguh indah bukan?!

Mari kita sebagai generasi muda ummat Islam, menempatkan Al-Qur`an di dada-dada kita. Bukan sekedar hafal lafalnya saja, tapi juga paham makna dan maksudnya.

Indah dan Mulia bersama Al-Qur`an.

Surah Al-Mulk, penolongku nan pahlawanku kelakk di akhirat.

So, what do you wait for??!

Don’t NAPO, but Let’s Do It NOW.

Sidoarjo,  FEB 2017

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s